xintesa


Sanofi Group Indonesia

Posted by admin on Tue, Sep 08 2015 07:48:00

Animasi Manis
Edukasi Penyakit Diabetes Melalui Animasi


Berawal dari kebutuhan untuk membuat program edukasi dan komunikasi mengenai penyakit diabetes, Sanofi Group Indonesia memilih Xintesa untuk memberikan solusi atas kebutuhan mereka. Etika usaha industri farmasi di Indonesia menjadi salah satu tantangan dalam pengembangan ide program, karena tidak diperbolehkannya merk produk perusahaan farmasi untuk dipromosikan dalam suatu brand activation. Selain itu, pendeknya periode pelaksanaan program juga menjadi tantangan tersendiri bagi Xintesa untuk memenuhi target yang diminta oleh Sanofi.

Menjawab kebutuhan dan tantangan tersebut, Xintesa mengajukan konsep yang fun dan educative dengan mengemas isu serius tentang penyakit diabetes di Indonesia ke dalam bentuk yang menarik dan mudah diterima yaitu animasi. Animasi dipilih karena merupakan salah satu bentuk komunikasi yang memberikan tampilan visual menarik sehingga istilah atau konteks medis yang rumit dapat lebih mudah dimengerti oleh umum. Selain itu, animasi dapat lebih luas menjangkau penonton, mulai dari anak kecil hingga dewasa dan dapat diakses beragam media yang ada, sehingga lebih efektif untuk mengedukasi masyarakat. Konsep ini kemudian dikembangkan dan direalisasikan oleh Xintesa menjadi sebuah kompetisi film pendek animasi yang terbuka untuk umum yang dinamakan AnimasiManis.

animasimanis

Media utama pelaksanaan program Animasi Manis adalah website yang dibuat oleh Xintesa, di sini peserta dapat melakukan registrasi, mengunduh modul tema karya animasi, dan mengunggah karya mereka. Program Animasi Manis diluncurkan pertama kali pada 1 Juni 2015 melalui website www.animasimanis.com. Program ini berjalan hingga 31 Juli 2015 dengan didukung platform social media Facebook dan Twitter sebagai media promosi program secara digital, yang pengelolaan dan pembuatan kontennya sepenuhnya dilakukan oleh Xintesa.

Dalam periode dua bulan penyelenggaraannya:

  • Sebanyak 107 video telah masuk melalui website www.animasimanis.com. Jumlah ini 2x lipat melebihi target KPI yang diminta oleh Sanofi Group Indonesia.
  • Total pendaftaran sebanyak 294 users yang berasal dari seluruh Indonesia.

animasimanis

Program Animasi Manis ini mendapat tanggapan positif dari banyak pihak, baik dari target peserta, para Dewan Juri yang terlibat, maupun bagi Sanofi Group Indonesia sebagai pihak penyelenggara, mengingat Animasi Manis merupakan program digital yang pertama kali diadakan oleh mereka.

30 karya animasi terbaik dari Animasi Manis ini akan digunakan sebagai sarana edukasi dan komunikasi lebih lanjut mengenai penyakit diabetes secara luas, dan menjadi perwujudan kontribusi nyata dari sinergi pemerintah, dunia usaha, dan para animator muda Indonesia dalam upaya peningkatan kesehatan bagi masyarakat.

Xintesa is a digital marketing agency

We are an independent digital agency that delivers strategic, innovative, commercially focused solutions across a broad range of digital media. Our experienced in-house team understand deadlines and never compromise on quality or creativity, so it's no coincidence that most of our work comes from repeat business and referrals.

Contact Us

Etcetera Artechsindo, pt
Bellepoint Unit-D
Jl. Kemang Selatan VIII No.55
Jakarta 12730, Indonesia

T: +6221 7197709
F: +6221 7196934